Semarang, 2 Januari 2025 - Dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi siswa, seluruh siswa kelas empat Sekolah Dasar Juara Semarang melaksanakan kegiatan yang penuh makna selama liburan semester satu. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong minat baca, mengasah kemampuan menulis, serta mengembangkan keterampilan literasi siswa.
Selama liburan, siswa diberikan
tugas untuk berkunjung ke perpustakaan wilayah setempat, tempat mereka dapat
memperluas wawasan melalui buku-buku yang beragam. Mereka mengunjungi
perpustakaan dengan penuh antusiasme untuk membaca buku-buku pilihan sesuai
minat dan usia mereka. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kebiasaan
membaca yang positif serta meningkatkan rasa cinta pada literasi.
Setelah selesai membaca, para
siswa diminta untuk membuat resume mengenai buku yang telah mereka baca. Tugas
ini bertujuan untuk melatih keterampilan menulis dan menganalisis isi buku.
Melalui pembuatan resume, siswa diajak untuk menuliskan inti dari buku
tersebut, menyampaikan pesan-pesan penting yang didapat, serta memberikan
pandangan mereka terhadap buku yang dibaca. Kegiatan ini juga mengembangkan
kemampuan berkomunikasi dan berpikir kritis siswa-siswi.
Dari seluruh siswa kelas empat, lima siswa yang sangat antusias dan aktif mengikuti kegiatan ini antara lain adalah Adskia, Alfis, Ulya, Aisyah, dan Nindy. Mereka tidak hanya menyelesaikan tugas membaca dan membuat resume dengan baik, tetapi juga berbagi pengalaman dan refleksi terhadap buku yang mereka baca dengan teman-temannya, serta menginspirasi siswa lain untuk lebih giat dalam membaca.
Kegiatan berkunjung ke
perpustakaan dan membuat resume buku ini mendapatkan sambutan positif dari
siswa, orang tua, dan guru. Di samping menambah wawasan dan keterampilan
literasi, kegiatan ini juga memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi siswa,
di mana mereka bisa mendapatkan informasi baru dan bertukar pendapat dengan
teman-teman sekelas mengenai buku yang mereka baca.
Dengan kegiatan ini, diharapkan
siswa kelas empat SD Juara Semarang akan semakin gemar membaca dan menulis,
serta memiliki kemampuan literasi yang lebih baik. Kegiatan ini juga menjadi
contoh konkret dari komitmen sekolah dalam mendukung perkembangan kompetensi
dasar yang relevan. TW.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Trimakasih telah berkunjung ke supersimpel.blogspot.com.
Silakan tinggalkan komentar anda.. .